Rabu, 15 Oktober 2014

Objek Wisata Tahura




Taman hutan raya bukit barisan merupakan ( TAHURA) merupakan tahura ke tiga yang di tetapkan oleh presiden dengan surat keputusan presiden R.I. No.48 tahun 1988 tanggal 19 november 1988.
         Pembangunan tahura ini sebagai upaya konservasi sumber daya alam danpemanfaatan lingkungan melalui peningkatan fungsi dan peranan hutan.
Tahura bukit barisan adlah unit pengelolaan yang berintikan kawasan hutan lindung dan kawasan konservasi dengan luas seluruhnya 51.600 Ha. Sebagian besar merupakan hutan lindung berupa hutan alam pegunungan yang ditetapkan sejak jaman belanda , meliputi hutan lindung sibayak I dan simancik II serta hutan lindung sinabung.
          Bagian lain dari TAHURA ini terdiri dari CA/TW. Sibolangit , SM. Langkat selatan TW. Lau debuk-debuk dan bumi perkemahan pramuka sibolangit. Kawasan hutan ini didominasi oleh jenis-jenis pohon pegunungan baik jenis local maupun dari luar. Antara lain seperti : pinus Merkusi, Altingia Exelsa , Schima Wallichii, Podocarpus sp, Toona surei dan jenis yang lain seperti durian, Dadap , rambutan, pulai, Aren , Rotan, dll.

Jenis tanaman yang berasal dari luar antara lain : pinus caribereae, pinus khasia, pinus insularis, Eucalyptus sp, Aghatis sp, dan lain-lain. Beberapa fauna yang hidup di kawasan ini antara lain monyet harimau, gajah, babi hutan, siamang, ular, elang, kecil, rusa, trenggiling, dan lain-lain.
          Sebagian wilayah tahura , terutama sekitar tongkoh dan berastagi telah menjadi daerah tujuan utama yang penting di Sumatera utara. Factor penunjang utama sebagai obyek wisata adalah udara yang sejuk, vegetasi alam yang baikdan pemandangan alam yang indah , sumber air dan danau Toba serta budaya yang memimat. Disamping itu prasarana juga cukup memadai, seperti : jalan raya dengan kondisi yang baikdan mulus yang menghubungkan sebagian besar kawasan tahura, sarana akomodasi dan penginapan, lokasi perkemahan dan jalan setapak di beberapa kawasan.
          Bagi yang berminat diduniua penelitian(research), Tahura bukit barisan juga dapat dijadikan gudang ilmu pengetahuan . penelitian tidak terbatas pada bidang flora dan fauna tetapi juga mencakup bidang hidrologis serta social budayanya.
 ( Koran Nasional Pos, edisi x, 03 juni-09 juni 2007 hal. 7 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar