Rabu, 15 Oktober 2014

Legenda Danau Lau Kawar



. Dahulu desa Kawar merupakan sebuah desa yang sangat kaya akan hasil alamnya. Dan pada suatu saat semua penduduk mengadakan pesta tahunan yang merupakan wujud syukur atas hasil alam. Semua warga desa ikut memeriahkan pesta yang penuh dengan makanan-makanan kecuali satu orang nenek tua yang sakit.
          Pada saat itu nenek tua merasa sangat kelaparan melainkan anak, menantu dan cucunya ikut berpesta yang penuh dengan makanan. Nenek itu hanya bisa berharap anak atau menantunya membawa makanan untuknya akan tetapi tidak juga.
Danau Lau Kawar
          Setelah pesta usai anak dari nenek tua itu teringat bahwa ibunya belum makan dan menyuruh istrinya untuk membawakan dia makanan, lalu istrinya menyuruh anak mereka untuk mengantar makanan kepada nenek itu. Nenek yang kelaparan itu pun merasa senang ketika cucunya membawakan dia makanan.
          Setelah dibuka isi bungkusan itu adalah makanan sisa, dan si nenek pun marah. Sebenarnya makanan itu adalah makanan yang utuh akan tetapi dimakan oleh cucunya di perjalanan. Nenek yang marah atas kelakuan anaknya itu pun mengutuk mereka.
          Sesaat kemudian terjadilah gempa yang sangat kuat yang menghancurkan desa kawar yang indah itu menjadi sebuah kawah yang penuh dengan air dan membentuk sebuah danau lalu jadi lah Danau Lau Kawar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar